peluru PDF Cetak E-mail
Ditulis Oleh Administrator   
Friday, 06 June 2008

Q : Seseorang menembakan sebuah peluru pada ketinggian 150 cm dari tanah dengan sudut elevasi 30, kecepatan awal peluru 50 meter/detik, dengan massa peluru 20 gram. Berapakah ketinggian maksimal yang akan dicapai peluru? dan berapakah jarak jatuhnya peluru pada tanah?


A : Soal seperti ini sebenarnya sangat mudah dikerjakan. Anda cukup memahami gerak parabola. Anda harus memperhitungkan vox ()dan voy () dan ketinggian awal .

Nah jika anda sudah dapat kecepatan awal terhadap sumbu x, dan y maka untuk tinggi maksimum dapat dicari dengan cara vy pada titik itu 0. (vy = 0)

dari sini didapat t waktu yang dibutuhkan untuk mencapai titik maksimum. Dengan memasukkan t yang didapat ke persamaan GLBB untuk sumbu y. Maka akan didapat tinggi makasimum:

Untuk jarak jatuh peluru ke tanah, maka kita harus mencari t yang diperlukan terlebih dahulu, dimana y = 0. (masukkan ke persamaan GLBB untuk sumbu y)

Setelah didapat t waktu yang diperlukan peluru untuk sampai ke tanah maka anda tinggal memasukkan ke persamaan GLB untuk sumbu x ( pada sumbu x tidak terjadi perlambatan atau percepatan) dan didapat jarak yang ditempuh peluru.

dimana x0 = 0

 
< Sebelumnya   Selanjutnya >
Fisika Asyik on Facebook

Login Form






Lupa Kata-sandi?
Bukan Anggota? Registrasi

Komunitas

Partner Kami

Surya Institute

Yang Sedang Online


Jumlah Pengunjung

Hari ini20
Kemarin477
Minggu816
Bulan8660
Total2511759

(C) Fisika Asyik !