Home arrow Arsip Tanya Jawab arrow Kumpulan Tanya Jawab arrow Panjang Gelombang dan Suhu
Panjang Gelombang dan Suhu PDF Cetak E-mail
Ditulis Oleh Administrator   
Wednesday, 04 June 2008

Q :

1. Beberapa bintang diamati bercahaya kemerah-merahan, dan beberapa bercahaya biru. Bintang manakah yang memiliki suhu permukaan yang lebih tinggi? Mengapa?

2. Setiap benda meradiasikan panas. Jika demikian mengapa kita tidak dapat melihat benda- benda dalam ruang gelap?

3. Suatu benda hitma dapat didekati oleh suatu lubang kecil dalam rongga tertutup apa saja? jelaskan

4. Suatu iklan di tv menyatakn sebuah merk kompoer gas sebagai "si api biru" apa maksudnya?

 

A :

1. Dalam hukum Wien's displacement dikatakan bahwa ada hubungan antara panjang gelombang radiasi yang diemisikan suatu benda dengan temperaturnya, yaitu berbanding terbalik. Semakin panjang gelombang yang dipancarkan suatu benda semakin dingin benda tersebut. Panjang gelombang cahaya biru lebih pendek dari panjang gelombang cahaya merah. Oleh karena itu suhu bintang yang berwarna biru lebih panas (suhunya lebih tinggi) daripada bintang yang berwarna kemerah-merahan.

2. Kita tidak dapat melihat radiasi benda dalam ruang gelap karena rentang panjang gelombang yang bisa ditangkap mata manusia itu terbatas.

3. Maksud dari suatu benda hitam dapat didekati dengan suatu lubang kecil dalam rongga tertutup di sini adalah misalnya bagian dalam dari sebuah kotak logam, dengan sebuah lubang kecil pada salah satu dindingnya. Lubang kecil itu lah yang berperan sebagai benda hitam, bukan kotaknya. Radiasi dari luar yang menembusi lubang ini akan lenyap pada bagian dalam kotak dan kecil kemungkinan untuk keluar dari lubang tersebut, jadi tidak ada pantulan yang terjadi pada lubang kecil tersebut. Hal ini sesuai dengan sifat benda hitam yaitu jika cahaya jatuh pada suatu permukaan benda hitam, maka cahaya tersebut tidak akan dipantulkan lagi.

4. Jika gelombang cahaya yang dikeluarkan akibat pembakaran yang dihasilkan oleh kompor gas berwarna biru maka api yang dihasilkan lebih panas, karena sebagimana yang telah dijelaskan sebelumnya panjang gelombang biru lebih pendek dari panjang gelombang merah atau orange. Oleh karena itu panas yang dihasilkan api berwarna biru lebih tinggi.

Dengan api yang lebih panas maka pemakaian kompor gas juga lebih efisien.


 
< Sebelumnya   Selanjutnya >
Fisika Asyik on Facebook

Login Form






Lupa Kata-sandi?
Bukan Anggota? Registrasi

Komunitas

Partner Kami

Surya Institute

Yang Sedang Online


Jumlah Pengunjung

Hari ini21
Kemarin477
Minggu817
Bulan8661
Total2511760

(C) Fisika Asyik !