Home arrow Arsip Tanya Jawab arrow Kumpulan Tanya Jawab arrow Kapal Laut, Kapal Selam, dan HUkum Stokes
Kapal Laut, Kapal Selam, dan HUkum Stokes PDF Cetak E-mail
Ditulis Oleh Administrator   
Thursday, 06 March 2008

Q : aku mau tanya kenapa kapal laut bisa terapung, juga mau tanya bagaimana cara kerja kapal selam. hukum stokes tentang fluida dan penerapannya. terima kasaih

A : kapal laut bisa terapung karena pada pada lambung kapal terdapat udara sehingga massa jenis total kapal lebih kecil dari massa jenis air laut.

Cara kerja kapal selam adalah sebagai berikut:
di dalam kapal selam ada suatu alat yaitu kompresor udara yang fungsinya dapat memanpatkan udara. Ketika mengapung, sebagian besar badan kapal selam diisi udara sehingga secara keseluruhan ρ(massa jenis) kapal lebih kecil dari ρ(massa jenis) air laut dan meyebabkan ia bisa mengapung. Kemudian jika kapal selam ingin tenggelam, udara tadi dikeluarkan dan air laut disekitarnya dimasukkan sehingga ρ (massa jenis) kapal secara keseluruhan lebih besar dari ρ (massa jenis) air laut. Dan jika kapal selam ingin mengapung lagi maka air laut tadi dikeluarkan dan digantikan dengan udara dari kompresor.

Hukum stokes pada intinya tentang gerak bola dalam fluida yang kental yang memiliki viskositas menimbulkan gaya gesek sebesar:

F = -6 ph r v dimana : h= viskositas fluida dan r = radius bola

Bila sebuah benda padat berbentuk bola dengan jari-jari r dimasukkan ke dalam zat cair tanpa kecepatan awal bola tersebut akan begerak ke bawah mula-mula dengan percepatan sehingga kecepatannya bertambah. Dengan bertambahnya kecepatan maka gaya gesek fluida akan membesar, sehingga suatu saat bola akan bergerak dengan kecepatan tetap. Kecepatan tetap ini disebut kecepatan terminal yang terjadi pada saat gaya berat bola sama dengan jumlah antara gaya angkat ke atas (Archimedes) dan gaya gesek Stokes.

 
< Sebelumnya   Selanjutnya >
Fisika Asyik on Facebook

Login Form






Lupa Kata-sandi?
Bukan Anggota? Registrasi

Komunitas

Partner Kami

Surya Institute

Yang Sedang Online


Jumlah Pengunjung

Hari ini507
Kemarin525
Minggu1535
Bulan12101
Total1770318

(C) Fisika Asyik !