Sistem Gesek Gandeng PDF Cetak E-mail
Ditulis Oleh Administrator   
Friday, 07 December 2007

Q: Tolong dijelaskan tentang sistem gaya gesek pada dua benda atau lebih yang saling bergandengan, Prof !


A: Sistem gaya gesek yang mungkin ada dua, yaitu ketika sistem diam tidak bergerak (dan anggap tali penggandeng tegang), atau ketika sistem telah bergerak.

a) sistem diam, dalam hal ini kita banyak menggunakan Hk. Newton 1. Sebaiknya sistem ditinjau bagian per bagian diagram gayanya. Misalnya kita punya 3 benda A, B, dan C yang terhubung dengan suatu tali yang tegang dan tak bermassa, dan sistem kita tarik ke kiri. Gesekan statik menyebabkan sistem diam tak bergerak walaupun kita sudah memberikan gaya. Karena sistem tidak bergerak, percepatan sistem adalah nol. Kita gambar diagram gaya pada benda A, lalu gunakan Hk. Newton 1. Lalu kita gambar diagram gaya pada benda B,dan gunakan Hk. Newton 1. Terakhir, diagram gaya pada benda C, dan kembali gunakan Hk. Newton 1.

Sistem keseluruhan:











Sistem bagian per bagian:

 


Hk. Newton 1,


 




Hk. Newton 1,


 

 




Hk. Newton 1,

 

 

 

 

Kesalahan yang sering terjadi adalah penggunaan diagram gaya pada benda yang berbeda. Misalnya, gaya yang bekerja pada benda A justru digambarkan dengan gaya gesek yang bekerja pada benda C dan gaya tegang tali pada benda B. Hal ini dapat dihindari jika kita meninjau sistem bagian per bagian seperti yang Prof. jabarkan di atas.

b) sistem bergerak, sebenarnya sama saja dengan analisis pada sistem diam. Hanya saja kita tidak lagi menggunakan Hk. Newton 1 , tetapi Hk. Newton 2 dimana sistem dipercepat sebesar a. Dalam sistem bergandeng, semua benda memiliki percepatan yang sama (coba saudara renungkan mengapa demikian!). Sekali lagi, dianjurkan agar meninjau sistem bagian per bagian untuk menghindari kesalahan analisis gaya yang bekerja pada masing-masing benda.

Walapun yang diberikan contoh diatas menggunakan sistem 3 benda bergandeng, contoh analisis yang telah dijabarkan bisa diperluas untuk sistem bergandeng berapa pun. Jika sistem diam, gunakan Hk. Newton 1. Jika sistem bergerak dipercepat, gunakan Hk. Newton 2.

Terakhir diperbaharui ( Friday, 07 December 2007 )
 
< Sebelumnya   Selanjutnya >
Fisika Asyik on Facebook

Login Form






Lupa Kata-sandi?
Bukan Anggota? Registrasi

Komunitas

Partner Kami

Surya Institute

Yang Sedang Online


Jumlah Pengunjung

Hari ini84
Kemarin319
Minggu403
Bulan8247
Total2511346

(C) Fisika Asyik !