Home arrow Arsip Tanya Jawab arrow Kumpulan Tanya Jawab arrow Penemu Batere (Volta, Daniel, aki)
Penemu Batere (Volta, Daniel, aki) PDF Cetak E-mail
Ditulis Oleh Administrator   
Thursday, 06 December 2007

Q : Siapa penemu elemen daniel?siapa penemu elemen volta?siapa penemu elemen kering?bagaimana cara kerja elemen daniel? siapa penemu aki?

A : Penemu elemen daniel adalah John Frederic Daniell,

      Penemu elemen volta adalah Alessandro Volta,

      Penemu elemen kering pertama sekali adalah Carl Gassner, dan

      Penemu aki Thomas Alfa Edison.

Cara kerja elemen daniel:

Pada Sel Daniel, elektroda Cu dibenamkan dalam larutan tembaga(II) sulfat atau CuSO4 dan elektroda seng sulfat atau ZnSO4.Pada anoda, Zn mengalami oksidasi:

Zn(s)→ Zn2+(aq) + 2e-

Pada katoda, Cu mengalami reduksi:

Cu2+(aq) + 2e- → Cu(s)

Pada sel Daniell, kawat dan lampu dihubungkan dengan kedua elektroda. Elektron-elektron yang "ditarik" dari seng berjalan sepanjang kawat, yang harus merupakan kawat non-reaktif, menghasilkan arus listrik yang membuat lampu menyala. Pada sel seperti ini, ion-ion sulfat memainkan peranan penting. Setelah bermuatan negatif, anion-anion ini terkumpul di anoda untuk mempertahankan keseimbangan muatan. Sebaliknya, pada katoda ion-ion Cu2+ terakumulasi untuk mempertahankan keseimbangan muatan ini. Kedua proses ini menyebabkan sebagian tembaga terakumulasi di katoda dan elektroda seng menjadi "terlarut" atau "meluruh" ke dalam larutan. Karena kedua reaksi tidak terjadi sendiri-sendiri (independently), kedua sel harus dihubungkan (dengan konduktor misalnya) agar ion-ion bergerak bebas. Digunakan dua wadah keramik yang berbeda untuk masing-masing larutan. Biasanya suatu "salt bridge" atau jembatan garam digunakan untuk menghubungkan kedua sel. Pada sel basah seperti ini, ion-ion sulfat bergerak dari katoda menuju anoda melalui jembatan garam dan kation-kation Zn2+ bergerak dalam arah sebaliknya.


Terakhir diperbaharui ( Friday, 14 November 2008 )
 
< Sebelumnya   Selanjutnya >
Fisika Asyik on Facebook

Login Form






Lupa Kata-sandi?
Bukan Anggota? Registrasi

Komunitas

Partner Kami

Surya Institute

Yang Sedang Online


Jumlah Pengunjung

Hari ini505
Kemarin878
Minggu1383
Bulan16519
Total1872021

(C) Fisika Asyik !