Home arrow Arsip Tanya Jawab arrow Kumpulan Tanya Jawab arrow Bagaimana sublimasi terjadi?
Bagaimana sublimasi terjadi? PDF Cetak E-mail
Ditulis Oleh Moderator   
Wednesday, 29 July 2009
Halo kak, saya ingin bertanya nih kak. Peristiwa penyubliman kan perlu kalor. Misal nya, kamper yang dipasang di lemari baju atau ruang AC. yang jdi pertnyaannya nih kak, knp sih kamper bisa mengeluarkan bau dengan mudah. Padahal kan perubahan suhu di lingkungan di sekitr kan tidak terlalu drastis. Apalagi di ruang ber AC, yang sulit memungkingkan terjadinya penyubliman yang memerlukan kalor yang sangat tinggi. Soal ny kan, ruang ber AC memiliki suhu yg sangat rendah, yang menyebabkan kalor di ruangan tersebut sangat sedikit tingkat nya ? Sekalian dong kak, kasih tau contoh deposisi. Maaf ya kak, pertanyaannya terlalu banyak. Atas jawabannya, sya ucpkan terima kasih banyak.

A :
Zat-zat yang bisa mengalami sublimasi, akan tetap mengalami peristiwa sublimasi pada sushu berapapun. Meskipun pada ruang ber-AC, transfer kalor dari udara ke zat tersebut bisa terjadi. Namun perbedaan suhu ruangnga tersebut mempengaruhi seberapa cepat jumlah zat yang tersublimasi per satuan waktu.
Kalor sublimasi merupakan jumlah dari kalor peleburan + kalor penguapan.
Qs = QL + Qu
Qs = m.(L + U)
jadi meskipun L (kalor peleburan) dan U (kalor penguapan) sangat besar, selama ada proses transfer kalor dari lingkungan, proses penyubliman akan tetap terjadi meski dengan m (massa) yang kecil.
 
< Sebelumnya   Selanjutnya >
Fisika Asyik on Facebook

Login Form






Lupa Kata-sandi?
Bukan Anggota? Registrasi

Komunitas

Partner Kami

Surya Institute

Yang Sedang Online


Jumlah Pengunjung

Hari ini42
Kemarin368
Minggu930
Bulan6632
Total2477740

(C) Fisika Asyik !