Home arrow Arsip Tanya Jawab arrow Kumpulan Tanya Jawab arrow Kenapa air bisa masuk ke gelas
Kenapa air bisa masuk ke gelas PDF Cetak E-mail
Ditulis Oleh Moderator   
Thursday, 16 July 2009
Selamat siang, sebelumnya kami ucapkan terima kasih adanya forum tanya jawab mengenai seputar ilmu Fisika!
Melalui forum ini, kami ingin menanyakan, yakni:

Kita punya mangkok yang posisi mangkok-nya menengadah, kemudian tepat di tengah-tengah mangkok tadi diletakan sebuah lilin yang menyala, setelah itu mangkok & lilin yang menyala tadi dituangi air, kemudian setelah itu ambil sebuah gelas dan kemudian gelas tadi di tutupkan terhadap lilin yang menyala di atas mangkok dan air yang menggenangi lilin tadi, ternyata lilin yang tadinya menyala sebelum ditutupi gelas tiba-tiba bisa mati sendiri dan air di dalam mangkok yang menggenangi lilin tadi perlahan-lahan masuk ke dalam gelas yang menutupi lilin tadi.

Nah, yang jadi pertanyaan saya adalah:
1. Kenapa Lilin yang tadinya nyala menjadi mati?
2. Kenapa air yang tadinya di dalam mangkok & menggenangi lilin bisa masuk ke dalam gelas bersamaan matinya lilin?

Nah, mungkin itu yang menjadi bahan pertanyaan kami, kami harap jawabanya secara 'ilmiyyah dan dapat di pertanggungjawabkan secara 'ilmiyyah pula, terima kasih!

A :
1. Lilin menjadi pada karena udara dalam gelas sudah dipenuhi oleh gas CO2. Sementara gas O2 nya sudah habis. Api untuk terbakar membutuhkan gas O2.
2. Ketika lilin masih menyala, udara disekitar nyala api menjadi panas. Mari kita lihat persamaan termodinamika berikut :
   P.V = n.R.T (pada saat api masih menyala, suhunya tinggi atau T nya besar, sementara P=tekanan udara normal, dan V=volume gelas).
Pada saat api menjadi padam, suhu menjadi turun atau T menjadi kecil. Agar terjadi keseimbangan, P harus tetap sama dengan tekanan udara luar. Oleh karenannya, untuk mengimbangi turunnya nilai T, nilai V juga harus mengecil atau dengan kata lain volum eharus mengecil. Sehingga air masuk kedalam gelas.
 
< Sebelumnya   Selanjutnya >
Fisika Asyik on Facebook

Login Form






Lupa Kata-sandi?
Bukan Anggota? Registrasi

Komunitas

Partner Kami

Surya Institute

Yang Sedang Online


Jumlah Pengunjung

Hari ini162
Kemarin241
Minggu1406
Bulan5471
Total2586410

(C) Fisika Asyik !