Home arrow Arsip Tanya Jawab arrow Kumpulan Tanya Jawab arrow Apa itu relativitas Einstein
Apa itu relativitas Einstein PDF Cetak E-mail
Ditulis Oleh Admin   
Thursday, 12 March 2009
Kang, mau nanya nih.. Gimana sih maksud teori relativitas einstein? Apakah memang belum terpecahkan hingga kini? tolong jelaskan dan masuk ke pemahaman otak anak SMA ya kang, (tiba2 suka Fisika gara2 liat teori itu kang)

A :
Secara umum, relativitas einstein mencakup 2 hal. Relativitas khusus dan relativitas umum.
Relativitas khusus berkenaan dengan kaidah bahwa cahaya yang dilihat oleh dua pengamat, baik yang sedang diam maupun yang sedang bergerak satu sama lain, akan berkecepatan sama yaitu c (3.10^8 m/s).
Konsekuensinya, ketika 2 pengamat itu sedang bergerak satu sama lain dengan kecepatan yang mendekati kecepatan cahaya, masing-masing akan mendapatkan hasil pengukuran panjang dan waktu yang berbeda dari sebuah objek yang sama.
Orang yg bergerak dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya, akan mendapati sebuah benda (yg bergerak relatif terhadap dia) memiliki ukuran lebih pendek daripada ketika dia diam terhadap benda tersebut. Ini disebut kontraksi panjang.
Selain itu orang tersebut juga akan mendapati jalannya waktu yang dia ukur akan lebih lambat daripada waktu yang diukur orang di bumi. Ini disebut dilatasi waktu.

Sedangkan relativitas umum berkenaan dengan asumsi bahwa suatu benda bermassa, "melengkungkan" ruang dimana benda itu berada, kelengkungan ini setara dengan gravitasi. Benda yg bergerak dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya, massa benda tersebut akan makin besar.
 
< Sebelumnya   Selanjutnya >
Fisika Asyik on Facebook

Login Form






Lupa Kata-sandi?
Bukan Anggota? Registrasi

Komunitas

Partner Kami

Surya Institute

Yang Sedang Online


Jumlah Pengunjung

Hari ini34
Kemarin477
Minggu830
Bulan8674
Total2511773

(C) Fisika Asyik !