Home arrow Berita Sains arrow Berita Terdahulu arrow Gempa kemungkinan telah mengubah rotasi Bumi
Gempa kemungkinan telah mengubah rotasi Bumi PDF Cetak E-mail
Ditulis Oleh Administrator   
Sunday, 12 August 2007

Duka dan simpati mendalam dari Redaksi FisikaAsyik.com atas korban gempa dan tsunami di Aceh dan Sumatra Utara, 26 Desember 2004

Richard Gross, seorang ahli geofisika pada Laboratorium Propulsi Mesin Jet NASA di California mengemukakan teori bahwa perpindahan sejumlah besar massa di pusat Bumi pada gempa mematikan hari Minggu 26 Desember 2004 lalu telah mempercepat perputaran Bumi sebanyak 3 microsecond dimana 1 microsecond adalah sepersejuta detik serta berpindah sebesar 1 inci atau 2.54 centimeter dari sumbunya.

Saat satu lempengan tektonik dibawah Samudra Hindia bergeser menjadi bertumpuk dengan lempengan lainnya, "lempeng ini memiliki kekuatan untuk memperkecil ukuran Bumi serta membuatnya berputar lebih kencang", kata Gross.

Gross mengatakan model ini mungkin terlalu kecil untuk dapat dideteksi oleh satelit pemosisi global (GPS) yang secara rutin mengamati perputaran Bumi karena pertambahan ini untuk jangka waktu lama tidak begitu signifikan.

"Rotasi tidaklah sama dari waktu ke waktu tetapi seenarnya Bumi makin melambat. Apabila ada perubahan kecil, para ilmuwan harus menambah "detik kabisat" di setiap akhir tahun, sesuatu yang tidak pernah dilakukan sebelumnya", kata Gross lagi.

"Para ilmuwan telah lama mengemukakan teori bahwa perubahan di permukaan Bumi seperti pasang air laut serta perpindahan air tanah dan cuaca dapat mempengaruhi perputaran Bumi tetapi mereka belum memiliki cara untuk mengukurnya", tambah Hiroo Kanamori seorang ahli seismologi dari Institut Teknologi California.

"Bahkan untuk peristiwa yang sangat besar, efeknya sangat kecil", kata Kanamori, "Sangat sulit untuk mengubah laju rotasi secara signifikan".

 
< Sebelumnya   Selanjutnya >
Fisika Asyik on Facebook

Login Form






Lupa Kata-sandi?
Bukan Anggota? Registrasi

Komunitas

Partner Kami

Surya Institute

Yang Sedang Online


  • insimaSip

Jumlah Pengunjung

Hari ini264
Kemarin374
Minggu638
Bulan6357
Total2401742

(C) Fisika Asyik !