Home arrow Berita Sains arrow Berita Terdahulu arrow Memompa kembali gas pencemar ke dalam tanah
Memompa kembali gas pencemar ke dalam tanah PDF Cetak E-mail
Ditulis Oleh Administrator   
Friday, 10 August 2007

Memompa kembali gas pencemar ke dalam tanah

 

Tidak jauh dari ladang minyak Spindletop, tempat pertama penemuan minyak di Texas satu abad lalu, para ilmuwan mencoba untuk menemukan manfaat lain dari ladang minyak yang telah kering ini - sebagai tempat penyimpanan dari gas pencemar lingkungan.

Di ladang minyak South Liberty dekat kota Dayton, sebuah tim dari Universitas Texas telah sukses memompakan 1.600 ton carbon dioksida - gas pencemar utama penyebab efek rumah kaca - kedalam tanah hingga kedalaman 1.500 meter.

Para ilmuwan mengatakan formasi batu hingga mencapai ratusan mil dari Mexico ke Alabama, mungkin adalah tempat ideal untuk menyimpan gas pencemar ini

"Begitu banyak ladang minyak kering disini", kata Susan Hovorka, peneliti geologi dari Universitas Texas sekaligus pemimpin proyek. "Tempat ini adalah salah satu tempat paling ideal untuk proyek ini", katanya.

Teknologi yang dikenal sebagai "Pemisah Karbon" telah menarik perhatian begitu banyak pemerintah dan kalangan industri.

Menurut para ilmuwan, gas sisa pembakaran bahan bakar fosil adalah penyebab utama dari pemanansan global, yang mengakibatkan kenaikan temperatur dan secara tajam mengubah kondisi cuaca hingga menyebabkan kenaikan permukaan air laut dan badai yang hebat.

Selain Rusia, Uni Eropa juga akan menerapkannya.

Hovorka mengatakan bahwa jaringan bawah tanah ini sanggup menampung hingga 300 juta ton gas - cukup untuk masa 1.000 tahun.

Apakah tehnik ini yakin bisa dilakukan? Charles Christopher dari perusahaan minyak BP mengatakan sejak tahun 1970-an, para penambang minyak dan gas telah lama memompakan karbon dioksida kedalam sumur untuk meningkatkan hasil tambang. "Tentu saja bisa, kami telah melakukannya selama 30 tahun", katanya.

Terakhir diperbaharui ( Sunday, 12 August 2007 )
 
< Sebelumnya   Selanjutnya >
Fisika Asyik on Facebook

Login Form






Lupa Kata-sandi?
Bukan Anggota? Registrasi

Komunitas

Partner Kami

Surya Institute

Yang Sedang Online


Jumlah Pengunjung

Hari ini271
Kemarin374
Minggu645
Bulan6364
Total2401749

(C) Fisika Asyik !