Home arrow Arsip Tanya Jawab arrow Kumpulan Tanya Jawab arrow Black Hole (Lubang Hitam)
Black Hole (Lubang Hitam) PDF Cetak E-mail
Ditulis Oleh Admin   
Wednesday, 26 November 2008
apakah itu black hole? bagaimana terbentuknya?

A :
Black hole (lubang hitam) adalah daerah/region teoritis dari ruang angkasa yang di sana gaya gravitasinya sangat kuat sampai-sampai tidak ada sesuatupun, bahkan cahaya sekalipun, yang bisa keluar/meloloskan diri darinya. Adanya lubang hitam bisa dideteksi sebagai berikut : lubang hitam garvitasinya sangat besar sehingga semua objek didekatnya akan tertarik, termasuk bintang dan gas-gas. Bintang dan gas tersebut akan mendekat dengan cara mengitari lubang hitam tersebut (spinning), seperti spiral. Karena dipercepat, bintang dan gas tersebut akan memancarkan radiasi yang bisa di deteksi dari bumi. Oleh karena itu, lubang hitam dari bumi akan terlihat selalu diitari oleh pemancar gelombang radiasi. seperti gambar berikut.
http://www.geocities.com/filefisikaasyik/200px-Black_Hole_Milkyway.jpg Lubang hitam terbentuk dari runtuhnya suatu bintang yang karena sudah tua umurnya, proses pembakaran di dalam intinya makin sedikit, sehingga tekanan dalam intinya menjadi rendah (ingat kan, PV = n.RT ; makin tinggi suhu, makin tinggi tekanan gas). Karena tekanan makin rendah, bintang tidak mampu lagi menahan gaya gravitasinya sendiri. Oleh karenanya, permukaan luar bintang tertarik ke dalam dan bintang makin kecil ukurannya tapi menjadi makin padat, smpai hanya berdiameter beberapa kilometer.
Bila kita ingat kembali persamaan gaya gravitasi g = G.M/r^2 , karena nilai r menjadi kecil, maka g akan menjadi sangat besar.
Lubang hitam juga bisa terbentuk dari hasil tumbukan energetik dua massa besar yang menghasilkan massa gabungan yang sangat padat.
Terakhir diperbaharui ( Tuesday, 02 December 2008 )
 
< Sebelumnya   Selanjutnya >
Fisika Asyik on Facebook

Login Form






Lupa Kata-sandi?
Bukan Anggota? Registrasi

Komunitas

Partner Kami

Surya Institute

Yang Sedang Online


Jumlah Pengunjung

Hari ini152
Kemarin324
Minggu2649
Bulan2649
Total2495111

(C) Fisika Asyik !